10 Ide Marketing Berbiaya rendah

1. Press announcements

Menulis dan mendistribusikan press release yang layak diberitakan, kirimkan ke berbagai media yang tepat dari surat kabar, majalah, stasiun TV dan radio. Jika hanya satu media yang memberitakannya berarti anda sudah menggunakan jasa ribuan orang. Desain judul release semenarik mungkin untuk merebut perhatian pembaca dengan kalimat yang simple namun menarik rasa ingin tahu, gunakan kata kerja aktif. Mengunakan kalimat utama yang menarik akan membawa pembaca ke dalam sepotong keyakinan.

2. Industry events

Menyewa ruang di sebuah pameran dagang bisa jadi mahal, namun jika menunjukkan yang terbaik lakukan, itu adalah cara mudah untuk membangun popularitas perusahaan Anda. Melakukan banyak promosi akan membuat orang tertarik. Setelah event selesai, tindak lanjuti. Kontak potensial klien anda  dalam waktu seminggu. Yang paling penting, menjaga janji anda seperti yang anda sampaikan pada event tersebut.

3. Website

Membangun sebuah website untuk bisnis itu relatif murah namun dapat menjangkau banyak orang. Gunakan newsgroup yang fokus pada bidang yang sama agar fokus website tetap terjaga. Selalu memasukkan nomor telepon atau alamat email sehingga pengunjung yang tertarik dapat menghubungi Anda. Jika Anda seorang retailer, pertimbangkan untuk meletakkan foto-foto produk secara online, jangan sampai anda tidak siap jika mereka akan memesan barang-barang Anda lewat internet.

4. Direct Mail

Hasil direct mail sangat tergantung pada seberapa banyak Anda menghabiskan waktu untuk mencari target audiens dan bagimana Anda memberikan sampel berkualitas untuk mereka.  Cost per-orang jauh lebih tinggi dibanding Anda akan membeli iklan cetak, tetapi ketika Anda menemukan orang yang tepat, Anda akan merasakan hasilnya. Beberapa perusahaan kecil bahkan ;ebih mampu melakukan direct-mail sendiri, sehingga tidak membutukan bantuan seorang spesialis. Seleksi tiga atau empat vendor untuk memilih perusahaan yang tepat bagi kampanye direct-mail Anda.

5. Yellow Book

Buku telepeon atau Yellow Book andah iklan yang paling efektif dan murah karena umumnya calon konsumen mencari produk yang dibutuhkannya lewat Yellow Book untuk mencari perusahaan yang dibutuhkannya. Pastikan nama perusahaan anda berada di kategori yang tepat, jika perlu masukan di beberpa kategori tergantung jasa atau produk yang anda tawarkan. Jika perusahaan semakin besar, gunakan space iklan yang lebih besar jika perlu dibuat oleh graphic designer yang handal.

6. Layanan Publik

Ini bisa menjadi kesempatan besar jika anda melakukannya dengan kesungguhan hati. Menjadi sponsor di acara  Olimpiade Khusus atau mengambil bagian dalam penjualan pohon natal tahunan bersama Rotary Club di kota Anda. Donasikan produk Anda ke badan amal lokal dan gunakan setiap kesempatan untuk berbicara kepada siswa di sekolah-sekolah tentang perusahaan Anda. Semua ini adalah metode yang tepat untuk memposisikan perusahaan Anda dalam  hal positif di lingkungan sekitar.

7. Kontes dan Hadiah Premium

Hadiah berupa gambar/logo perusahaan mungkin membantu menciptakan rasa ingin tahu tentang sebuah toko atau bisnis lainnya. Promosikan lewat T-shirt cangkir kopi, atau pena berhias logo Anda akan mempercepat popularitas brand Anda.

8. Label Bisnis

Murah dan efektif. Tempatkan label perusahaan Anda di semua surat keluar. Pelanggan tentu akan dengan mudah mengingatnya.

9. Email Signature

Ideal untuk bisnis apapun. Isi dengan pesan sponsor untuk menarik audiens target Anda.

10. Lakukan!

 

2 thoughts on “10 Ide Marketing Berbiaya rendah

  1. theresiaregina says:

    seperti biasa, tulisannya simple, mudah dimengerti untuk dipelajari, dan dipraktekan🙂

  2. Tony Andrianto says:

    terima kasih atas masukannya yang berharga, bisa jadi pertimbangan untuk langkah kedepannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: