Public Relations membantu membangun image anda

 

Public relations bukan sesuatu yang terjadi begitu saja. Bagaimana sebuah perusahaan atau produk/jasa yang dirasakan penting di mata publik, terutama di mata para pemegang saham atau pelanggan potensial. Perusahaan harus memiliki anggaran besar untuk kita bisa membangun citra positif di mata publik.

 

Dengan strategi PR yang baik, kita harus bisa membangun pesan positif di mata publik dan meminimalkan hal-hal yang akan berpotensi negatif di mata masyarakat. Public relations memang masih dianggap ‘annoying brother’ bagi advertising.  Ketika tujuan utama avertising adalah untuk “stick a product in person’ dalam benak pelanggan potensial dan memberinya alasan untuk membelinya. Namun pendekatan PR jauh lebih agresif dan langsung. Public relations akan menginformasikan target audiens tentang siapa Anda dan apa yang telah Anda lakukan pada produk atau layanan tersebut,  apa hal-hal baik yang telah dilakukan bagi masyarakat dan bagaimana Anda membuat rencana ke depan dalam membantu masyarakat menjadi lebih baik lagi. Ini juga akan membantu menambah keuntungan melalui repeat sales.

 

Ada beberapa cara di mana sebuah perusahaan atau organisasi dapat menggunakan public relations untuk meningkatkan citra positif mereka di mata publik:

 

  • Sebuah perusahaan dapat menyumbangkan waktu dan uang untuk kegiatan amal melalui program CSR yang baik, atau dapat mengatur acara amal untuk mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu. Potensi pelanggan dan pemegang saham ingin tahu apakah perusahaan peduli dan ingin tahu apakah perusahaan peduli pada hal yang terjadi di sekelilingnya ?
  • Pendekatan lain yaitu kegiatan PR sebagai representasi dari perusahaan Anda. Konsultan public relations dapat mengatasi masyarakat dengan cara-cara baik yang mungkin semua perusahaan ingin melakukannya. Penyebaran siaran pers dilakukan dimana perusahaan bisa menyampaikan  pesan yang tepat untuk dibagikan ke orang yang tepat dan kemudian dapat menjawab setiap pertanyaan yang mungkin timbul. Siaran pers adalah alat yang hebat, tapi isinya sangat penting, masalah apapun yang timbul dari siaran pers akan berdampak bagi perusahaan, jadi berhati-hatilah! Siaran pers ditulis dengan baik bisa mencapai ribuan orang yang tidak tahu tentang kegiatan perusahaan Anda. Juga siaran pers jauh lebih murah daripada bentuk iklan atau advetorial. Anda tidak akan pernah mampu “menyentuh” bagian yang sama dari audiens Anda dalam sebuah pidato publik seperti yang akan Anda dapatkan dari sebuah siaran pers yang baik.

 

Citra bisnis dapat berarti segalanya, suatu peristiwa negatif yang besar, bahkan jika hanya dianggap kejadian negatif di mata publik, secara harfiah dapat menghancurkan perusahaan. Jika sebuah perusahaan ingin sukses dan tetap sukses, Anda harus membuat dan melindungi citra positif dan satu-satunya cara untuk benar-benar melakukan itu secara efektif adalah melalui kegiatan Public Relations yang baik.

 

Percayakan kegiatan public relations anda pada konsultan yang baik yang tidak hanya mengandalkan reputasi perusahaan yang besar tapi konsultan yang mengerti apa goal anda dengan kegiatan ini. Selamat bekerja !

 

Sumber : http://www.aboutu.gr/public-relations-improves-your-image/#.ToAgnFG8nDY

2 thoughts on “Public Relations membantu membangun image anda

  1. theresiaregina says:

    tulisannya simple dan inspiratif, langsung ke pointnya dan mudah dimengerti. salam buat mas dandan hamdani, people who motivated me to write a blog when it was first taught as a guest lecturer in pr campaign class with my mbak reta. sukses selalu blognya qvision🙂 GBU

    • qyvisionpr says:

      Sama-sama Regina. Semoga artikel di blog Qyvision PR selalu menginpirasi banyak pihak akan pentingnya Public Relations dalam kehidupan sehari-hari. Public Relations tidklah mahal dan mudah dilakukan oleh siapapun. Tetaplah menjadi pembaca setia blog ini dan semoga dunia dapat direngkuh karenanya ….
      Salam,
      Dandan Hamdani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: