Siapkah Perusahaan Anda menerapkan ISO 26000 untuk kegiatan CSRnya?

Perusahaan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sudah lumrah terjadi. Bahkan CSR sudah menjadi tuntutan  sebuah perusahaan baik perusahaan swasta maupun publik untuk bertanggung jawab pada lingkungannya.

Semua perusahaan berlomba-lomba melakukan berbagai kegiatan amal yang diklaim sebagai kegiatan CSR perusahaan, padahal perusahaan yang benar melakukan berbagai kegiatan yang berkelanjutan agar masyarakat bisa merasakan dampak keberadaan perusahaan di tengah-tengah mereka.

Tapi tahukan anda sekarang sedang CSR akan dibuat pedoman kegiatan CSR berkualitas bernama ISO 26000 ? Yuk kita mengenal lebih jauh tentang ISO 26000.

ISO telah meluncurkan dengan mengembangkan standar baru bernama ISO 26000 yaitu standar Internasional pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan pada tanggung jawab sosial (Social Responsibility atau SR).

  • ISO 26000 diperuntukan untuk segala bentuk perusahaan baik perusahaan/organisasi publik maupun swasta, di negara maju maupun negara-negara berkembang.
  • Dengan standar ISO 26000 akan menambah nilai plus bagi kegiatan SR dengan:

-      Membantu mengembangkannya dan menjadikan kegiatan SR berstandar Internasional yang disesuaikan dengan isu-isu terkini, SR yang dibutuhkan agar sesuai dengan tujuan organisasi

-      Memberikan panduan dengan memberikan pedoman pada prinsip-prinsip dasar dalam sebuah kegiatan SR agar efektif, dan

-      Menjadikan kegiatan SR perusahaan menjadi sebuah kegiatan yang berkualitas dan memiliki standar yang baik. ISO akan membantu menyebarluaskan informasinya ke masyarakat Internasional.

Standarisasi ISO 26000 akan menjadikan nilai inisiatif tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial dengan menyediakan berbagai bimbingan yang dianggap relevan secara global yang berdasarkan konsensus internasional yang mewakili ahli dari kelompok stakeholder utama dan mendorongnya menjadi sebuah kegiatan SR yang baik di seluruh dunia

 

Apakah ISO 26000?

ISO 26000 adalah sebutan dari sebuah bimbingan masa depan yang memberikan Standar Internasional tentang tanggung jawab sosial (SR). Hal ini dimaksudkan untuk digunakan oleh semua perusahaan/organisasi publik dan swasta, di negara maju dan berkembang. Ini akan membantu organisasi dalam upayanya beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab pada masyarakat sebagai sebuah tuntutan jaman.

ISO 26000 berisi panduan bukan persyaratan, karena itu tidak akan digunakan sebagai standar sertifikasi seperti halnya ISO 9001:2000 dan ISO 14001:2004.

Mengapa ISO 26000 itu penting?

Bisnis yang berkelanjutan bagi sebuah perusahaan tidak hanya menyediakan produk dan layanan yang memuaskan pelanggan, dan melakukannya tanpa membahayakan lingkungan, tetapi juga beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab pada masyarakat. Tekanan untuk melakukannya berasal dari pelanggan, konsumen, pemerintah, asosiasi dan masyarakat luas. Pada saat yang sama, pandangan jauh para pemimpin organisasi menyadari bahwa sukses yang langgeng harus dibangun di atas praktik bisnis yang kredibel dan pencegahan kegiatan seperti penipuan di satu sisi, telah ada sejumlah deklarasi prinsip tingkat tinggi yang berkaitan dengan SR dan di sisi lain, program SR dilakukan banyak individu dan para inisiator . Tantangannya adalah bagaimana memasukkan prinsip-prinsipnya ke dalam kegiatannya dan bagaimana menerapkan SR efektif dan efisien bahkan paham tentang apa arti “tanggung jawab sosial”.

Keahlian ISO dalam mengembangkan harmonis dan perjanjian antar-negara berdasarkan tingkat konsensus: stakeholder utama dan negara (ISO adalah jaringan badan standarisasi nasional di 157 negara). Masa depan ISO 26000 akan menyaring pemahaman global yang relevan dari sebuah tanggung jawab sosial dan apa yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi untuk tetap beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab.

Apa isi ISO 26000 ?

Detail ISO 26000 akan berkembang selama proses perkembangannya. Dokumen yang harus disiapkan meliputi:

  • Kata pengantar
  • Pengenalan :
  1.  Ruang lingkup
  2. Istilah dan definisi
  3. Memahami tanggung jawab sosial
  4. Prinsip tanggung jawab sosial
  5. Menyadari tanggung jawab sosial dengan melibatkan stakehoders
  6. Pedoman untuk pekerjaan utama tanggung jawab sosial
  7.  Pedoman praktek pelaksanaan tanggung jawab sosial
  • Lampiran A – inisiatif tanggung jawab sosial
  • Bibliografi
  • Indeks

Pedoman dalam ISO 26000 dimaksudkan untuk lebih jelas dan mudah dimengerti bahkan untuk non-spesialis, obyektif, dan berlaku untuk semua jenis perusahaan/organisasi baik swasta maupun publik.

Bagaimana ISO 26000 terkait dengan pekerjaan yang sudah dilakukan ? Pedoman dalam ISO 26000 memberi panduan terbaik yang telah dikembangkan oleh para inisiator SR perusahaan publik dan swasta. Ini agar tetap konsisten dengan dilengkapi oleh deklarasi konvensi PBB dan konstituennya, terutama Organisasi Buruh Internasional (ILO), dengan organisasi dimana ISO telah menjalin kerja sama/Memorandum of Understanding (MoU) untuk memastikan  agar selaras dengan kerja standar ILO. ISO juga telah menandatangani MoU dengan Kantor Global Compact PBB (UNGCO) untuk meningkatkan pengembangan ISO 26000 dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) agar ISO 26000 konsisten dengan pedoman OECD.

Bagaimana asa inisiatif ISO 26000 muncul ?

Kebutuhan akan standarisasi ISO untuk SR pertama kali diidentifikasi pada tahun 2001 oleh ISO/COPOLCO (Komite kebijakan konsumen Dunia) . Pada tahun 2003, multi-stakeholder ISO Ad Hoc Group on SR ditetapkan oleh ISO’s Technical Management Board/Badan Pengelola Teknis ISO(TMB) telah menyelesaikan gambaran luas tentang inisiatif SR dan mengumpulkan berbagai isu di seluruh dunia. Pada tahun 2004, ISO mengadakan  international multi-stakeholder conference yang membahas tentang pekerjaan SR. Rekomendasi positif dari konferensi ini membentuk dari WorkingGroup ISO on Social Responsibility (WG SR) untuk mengembangkan ISO 26000 sebuah standar masa depan pada akhir tahun 2004.

Yang sedang dikembangkan ISO 26000 ?

Delapan puluh negara dan 39 perusahaan/organisasi berpartisipasi dalam SR WG dibawah kepemimpinan bersama anggota ISO untuk Brasil (ABNT) dan Swedia (SIS). Kelompok stakeholder utama terwakili yaitu kalangan industri, pemerintah, tenaga kerja, konsumen, lembaga swadaya masyarakat, layanan, dukungan, penelitian dan lain-lain, serta keseimbangan geografis dan gender peserta.

Kapan ISO 26000 siap?

ISO 26000 sudah dipublikasikan pada akhir tahum 2010.

Apa yang ingin dicapai oleh ISO 26000 ?

ISO 26000 mengintegrasikan berbagai keahlian dari dunia internasional tentang bagaimana membuat tanggung jawab sosial – apa artinya, apa yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan/organisasi agar bisa beroperasi dengan penuh tanggung jawab pada masyarakat, dan apakah kegiatan terbaiknya sesuai dengan standar SR. ISO 26000 akan menjadi alat yang kuat bagi pekerjaan SR untuk membantu perusahaan/organisasi bergerak dari niat baik menjadi sebuah perbuatan baik.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ISO 26000 dan ISO Working Group on Social Responsibility, visit :  http://www.iso.org/sr. Situs Web ini berisi dokumen memberikan latar belakang untuk inisiatif ISO SR, dokumen dan siaran pers tentang kemajuan pekerjaan dan bagaimana hal itu dapat dilakukan, keanggotaan dan struktur organisasi SR WG, bagaimana berpartisipasi dalam pengembangan ISO 26000, newsletter, jangka waktu pekerjaan, FAQ, kontak dan informasi lainnya. Tersedia dalam beberapa bahasa. Dokumen kerja termasuk rancangan terbaru dari standar dapat diakses di: http://www.iso.org/wgsr

ISO Central Secretariat

International Organization for Standardization

1, ch. de la Voie-Creuse, Kasus postale 56

CH-1211 Genève 20, Swiss

Telp. + 41 22 749 01 11, Fax + 41 22 733 34 30

E-mail : central@iso.org, Web : http://www.iso.org

Kontak ISO:

Menjadi anggota ISO di negara Anda : www.iso.org/isomembers

Majalah referensi ISO :

  1. ISO Focus, gambaran standar dan isu-isu terkait tentang apa yang sedang menjadi isu, mengapa jadi isu, apa yang akan dilakukan dan bagaimana hal itu mempengaruhi Anda. Diterbitkan dalam bahasa Inggris.

             http://www.iso.org/ isofocus

  1. ISO Management Systems, cakupan perkembangan ISO 9000 dan ISO 14000 di seluruh dunia. Ditambah baru standar inisiatif untuk bisnis penting dan isu-isu sosial seperti tanggung jawab sosial, keberlanjutan, keamanan pangan, keamanan informasi, keamanan rantai pasokan, kesehatan dan keselamatan kerja, layanan dan penilaian. Ditambah sektor perkembangan dan inisiatif nasional. Diterbitkan dalam bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.

              http://www.iso.org/ims

Tentang ISO

  • ISO adalah pengembang dari Standar Internasional terkemuka dunia.
  • ISO menentukan persyaratan standar untuk Negara dalam hal produk, jasa, proses, bahan dan sistem, dan untuk penilaian kesesuaian yang lebih baik, praktek manajerial dan organisasi.
  • Standar ISO ini dirancang untuk diimplementasikan di seluruh dunia.

Siapkah perusahaan anda melakukan kegiatan CSR ? Silahkan kontak kami di : dandan@qyvisionpr.com atau kunjungi website kami www.qyvisionpr.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: